Hewan Asli Australia Ini Jadi Mamalia Pertama yang Punah Akibat Perubahan Iklim

Hewan Asli Australia Ini Jadi Mamalia Pertama yang Punah Akibat Perubahan Iklim

KabarAustralia.com ----- Pemerintah Australia, bersama dengan para ilmuwan, mengabarkan tentang punahnya jenis mamalia, yang diketahui sebagai kasus pertama akibat perubahan iklim.

Bramble Cay --nama mamalia tersebut-- adalah sejenis tikus kecil berwarna cokelat, yang merupakan endemik sebuah pulau di sisi utara Great Barrief Reef, kawasan ekosistem lindung terbesar di Australia. 

Dikutip dari CNN pada Kamis (21/2/2019), mamalia tersebut hidup di area seluas lima hektar, yang berlokasi di tengah Selat Torres, antara negara bagian Queensland dan Papua Nugini.

Mamalia tersebut tidak lagi terlihat hampir 10 tahun dan dempat lebih dlue dinyatakan punah setelah "upaya konservasi" Gagal, Tulis sebuah laporan yang diterbitkan University Queensland, pada 2016 lalu.

Temuan itu baru dikonfirmasi oleh pemerintah Australia pada Senin 18 Februari.

Penyebab kepunahannya adalah "karena genangan laut" akibat naiknya permukaan air laut selama satu dekade terakhir, yang telah menyebabkan "hilangnya habitat secara dramatis," menurut laporan 2016 itu.

"Ini bukan keputusan yang mudah," ujar Geoff Richardson, asisten sekretaris untuk komisi lingkungan dan energi, di hadapan anggota Senat Australia.

"Ketika sesuatu terdaftar sebagai punah, pada dasarnya tamparan kepada kami untuk meninjau ulang kebijakan perlindungan alam liar," lanjutnya.

Penulis :

Editor :