Saham Perbankan dan Teknologi Dorong Pasar Australia Berakhir Naik

Saham Perbankan dan Teknologi Dorong Pasar Australia Berakhir Naik


KabarAustralia.com --- Pasar saham Australia berakhir lebih tinggi pada perdagangan Selasa, dengan saham-saham bank dan teknologi mengimbangi penurunan pada saham-saham kebutuhan pokok konsumen dan perawatan kesehatan.


Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 17,10 poin atau 0,28 persen menjadi 6.106,90 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 13,50 poin atau 0,22 persen menjadi 6.184,20 poin.


Musim pelaporan sekali lagi membebani pasar, dengan perusahaan suplemen kesehatan Blackmores menukik menyusul angka pertumbuhan yang lebih buruk dari yang diperkirakan.


"Saham merosot karena prospeknya, setelah memperingatkan pihaknya tidak memperkirakan laba tumbuh pada semester kedua," kata analis pasar Commsec, Steven Daghlian, dikutip dari Xinhua.


"Perusahaan menyalahkan prospek sebagian pada penjualan kuartal ketiga di China, inventaris lebih tinggi dan sentimen lebih lemah."


Raksasa supermarket Coles juga jatuh setelah mencatat penurunan 29,4 persen dalam laba setengah tahunan menyusul demerger tahun lalu. Dan produsen implan medis Cochlear merosot, juga karena perkiraan pertumbuhan yang lemah.


"Pembuat implan pendengaran telinga bagian dalam itu mengatakan telah kehilangan beberapa pangsa pasar di AS dan Jerman yang merupakan dua pasar utama bagi grup."


Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia terangkat, dengan Commonwealth Bank naik 1,03 persen, ANZ naik 2,13 persen, National Australia Bank naik 1,78 persen dan Westpac Bank naik 1,18 persen.


Saham-saham pertambangan beragam, dengan BHP naik 0,14 persen, Fortescue Metals turun 0,47 persen, Rio Tinto naik 0,01 persen dan penambang emas Newcrest turun 0,24 persen.


Produsen-produsen minyak dan gas juga bervariasi, dengan Oil Search turun 1,96 persen, Santos naik 1,33 persen, dan Woodside Petroleum naik 0,41 persen.


Jaringan supermarket terbesar di Australia beragam, dengan Coles jatuh 3,89 persen dan Woolworths naik 0,17 persen.


Sementara itu, raksasa telekomunikasi Telstra menguat 1,25 persen, operator penerbangan nasional Qantas terangkat 0,52 persen dan perusahaan biomedis CSL turun 1,47 persen.

Penulis :

Editor :